“Income from Instagram”, Kelas Kedua Rumah Belajar Inklusif

Kelas “Rumah Belajar Inklusif” kembali digelar. Setelah mengeksplor pemanfaatan Facebook untuk media marketing, kali ini kami menggali trik untuk memasarkan produk lewat Instagram.

Kelas kedua yang dilaksanakan tanggal 8 Maret 2015 di Kantor International Award for Young People (IAYP) ini menghadirkan narasumber Bang Irfan Arfiady dan istrinya, Vina Yastio, pasangan pemilik akun Instagram @namazakids, @blackchemistrycoffe dan @warungmbahsukun. Khusus akun ketiga, @warungmbahsukun memang dimanfaatkannya untuk memasarkan stick renyah Mbah Sukun. Dengan Instagram, Bang Irfan menjadi salah satu Kuncen—sebutan untuk agen—Mbah Sukun yang paling sering kebanjiran order.

Kenapa Instagram menjadi media pilihan Bang Irfan? Fans band Dream Theater ini pun menjawab, “Konsumen cenderung melihat gambar ketimbang tulisan ketika melihat iklan. Instagram ini aplikasi yang sangat cocok karena lebih menonjolkan gambar. Apalagi, fitur-fitur IG (Instagram) memungkinkan untuk menyaring targeted buyer.”

20150308_14233420150308_113034 20150308_111913

Setelah mengulik trik-trik pemanfaatan IG untuk marketing, peserta juga belajar trik-trik melipatgandakan keuntungan dari Suwandi Chow, seorang pakar internet marketing tersohor. “Agar konsumen beli [produk Anda—red], mereka harus percaya. Agar percaya, mereka harus suka. Agar suka, harus dimulai dari kenal. Media-media sosial dan internet bisa membantu mempercepat proses panjang itu, jika kita mampu mengoptimalkannya,” bebernya. Tak hanya membagi ilmu, Pak Suwandi juga memberi kejutan dengan membagikan buku karyanya gratis kepada seluruh peserta yang hadir. Peserta pun semakin semangat belajar meskipun di luar, hujan deras mengguyur sepanjang hari.

Program Rumah Belajar Inklusif ini merupakan program rutin dari IDCC yang memberikan kesempatan kepada penyandang maupun nonpenyandang disabilitas untuk belajar pemanfaatan teknologi untuk berkarya. Program ini disponsori oleh Indosat dan didukung oleh IAYP.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *