Lomba “Potret Dunia Inklusif”

Disabilitas tercipta karena adanya hambatan dari dalam diri dan lingkungan sekitar. Namun ketika hambatan itu dihilangkan, maka leburlah sekat disabilitas dan nondisabilitas. Itulah dunia inklusif yang kita dambakan.

Indonesia Disabled Care Community (IDCC) mengajak Anda untuk menuangkan ide & harapan akan dunia inklusif dalam bentuk gambar dan foto, melalui lomba “POTRET DUNIA INKLUSIF”. Lomba ini bertema “Antara Realita dan Harapan”.

poster PDI update

Petunjuk Teknis, Syarat dan Ketentuan Lomba:

Ketentuan Umum:

  1. Ada dua jenis lomba dalam “POTRET DUNIA INKLUSIF”, yaitu lomba melukis  dan fotografi.

  2. Keikutsertaan dalam lomba melukis dan fotografi ini GRATIS (tidak dipungut biaya).

  3. Seluruh Karya yang diikutsertakan lomba merupakan karya sendiri.

  4. Karya belum pernah dimuat di media massa dan belum pernah menang dalam perlombaan manapun.

  5. Setiap peserta lomba boleh mengirimkan 1-5 hasil karya terbaiknya.

  6. Periode lomba dari 1 November – 1 Desember 2015. Karya diterima panitia via pos paling lambat tanggal 2 Desember 2015 (bukan tanggal cap pos).

  7. Dewan Juri terdiri dari pelukis senior dan fotografer professional yang pernah memperoleh penghargaan dan memiliki kompetensi dibidangnya, pemerhati seni dan aktivis di bidang disabilitas.

  8. Pengumuman pemenang lomba melukis dilaksanakan pada 10 Desember  2015 melalui media-media sosial IDCC. Pemenang juga akan dihubungi melalui ponsel. Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat.

  9. Hak cipta melekat pada peserta, namun IDCC diberikan hak/izin untuk mempublikasikan foto yang masuk nominasi untuk kepentingan non-komersial dalam rangka kampanye kesetaraan penyandang disabilitas atau sejenisnya. Panitia dibebaskan dari tuntutan pihak ketiga bila foto digunakan untuk keperluan tersebut.

 

Ketentuan Khusus:

  1. Peserta untuk lomba melukis dibagi menjadi tiga kategori berdasarkan usia:

Kategori

Rentang Usia

Anak-anak

7 – 10

Remaja

11 – 17

Dewasa

  1. – tak terbatas

Sedangkan untuk lomba fotografi dibagi menjadi dua kategori yaitu:

Kategori

Rentang Usia

Remaja

11 – 17

Dewasa

18 – tak terbatas

 

        Untuk membantu peserta kategori anak-anak dan remaja, pendidik atau orang dewasa di sekitarnya bisa membantu memberi penjelasan dengan melihat panduan yang bisa diunduh di tautan ini.

  1. Tema lomba ini yaitu “Antara Realita dan Harapan”. Tema ini diterjemahkan menjadi beberapa topik yang bisa dipilih oleh peserta:

  • Penyediaan akses untuk penyandang disabilitas dalam memperoleh pendidikan, pekerjaan, kesehatan dan keterlibatan dalam kehidupan sosial

  • Kerja sama yang dilakukan oleh penyandang dan nonpenyandang disabilitas dalam kehidupan sehari-hari

  • Pemberdayaan yang diberikan kepada penyandang disabilitas untuk memperoleh pendidikan dan penghidupan yang layak

  • Prediksi dan harapan mengenai kehidupan masyarakat inklusif di masa mendatang.

  • Topik lain yang masih sesuai dengan tema.

 

  1. Untuk lomba melukis: Karya harus dibuat secara manual dengan media kertas A3, menggunakan pensil warna, krayon, cat air dan/atau media pewarnaan lainnya. tanpa perubahan/bantuan digital. Gambar bisa dikirim via email dalam bentuk lukisan yang sudah di-scan (disimpan dalam format JPG) atau dikirim via pos.

 

  1.  Untuk lomba foto:

  • Tidak ada batasan waktu pengambilan foto.

  • Media pengambilan gambar bisa memakai kamera ponsel, kamera saku ataupun kamera digital.

  • Tidak diperkenankan menambahkan bingkai/latar belakang/tulisan (watermark) dalam bentuk apapun.

  • Koreksi yang diperbolehkan hanyalah penyuntingan minor, seperti cropping, koreksi brightness/contrast dan koreksi warna. Foto dengan unsur olah digital (seperti kolase/ montase) atau rekayasa olah digital tidak diterima.

  • Foto bisa dikirim via email dalam bentuk file JPG atau dikirim via pos dengan dicetak memakai kertas doff atau glosi ukuran 17R (30x40cm) atau 17RS Plus (30x45cm).

  1. Seluruh Karya (baik lukisan/foto) wajib dilampiri  keterangan yang mengandung 5W+1H (Who, What, Where, When, Why dan How), berikut judul Karya, nama peserta serta media/institusi anda. Cantumkan pula data diri, alamat email dan nomor ponsel anda.

  2. Peserta wajib menyertakan fotokopi identitas diri (KTP/SIM/Kartu Pelajar/Mahasiswa) dan pas foto terbaru ukuran 4×6 cm. Bila syarat point 5-6 ini tidak disertakan, maka Karya yang terkirim akan didiskualifikasi.

  3. Hasil karya beserta keterangan, data diri dan salinan identitas diri bisa dikirimkan via email ke idcc@live.com (dengan subjek “Potret Dunia Inklusif_Nama Peserta) atau via pos ke alamat: Jalan Sumbangsih V No. 3 RT 06 RW 01 Kel. Karet – Kec. Setiabudi – Jakarta Selatan (12920).

  4. Saat mengirim dengan jasa pos, gunakan media pelindung foto/lukisan yang baik, sehingga Karya tidak terlipat atau tidak mudah rusak sesampai di tangan panitia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *